Kapolresta Sidoarjo Menjadi Pembina Upacara

Senin, 20 Februari 2017, sekitar pukul 06.15 WIB, beberapa polisi berdatangan ke SMA Negeri 1 Sidoarjo. Mereka sibuk menata arus kendaraan di jalan raya dan yang akan memasuki halaman SMAN 1 Sidoarjo. Beberapa siswa yang menggunakan sepeda motor terlihat sedikit gugup. Tidak lama setelah itu, terdengar dari pengeras suara setiap kelas himbauan kepada para siswa untuk segera menuju lapangan upacara karena upacara bendera sebagai kegiatan rutin pada hari Senin akan segera dimulai. Di lapangan basket, tempat upacara rutin biasanya dilakukan, seorang polisi wanita sedang mengarahkan para siswa menuju ke barisan masing-masing. Beberapa polisi lainnya ikut pula mengatur barisan dari setiap kelas agar terlihat teratur dan rapi.

Tepat pukul 06.40 WIB, upacara bendera pun dimulai. Komandan upacara mulai memasuki lapangan kemudian langsung menyiapkan seluruh peserta. Ketika seluruh peserta telah siap melaksanakan upacara, petugas penjemput segera menjemput pembina upacara. Sesuatu yang istimewa dan luar biasa pada upacara Senin ini karena pembinanya Kapolresta Sidoarjo, Bapak Kombes. Pol. Muh. Anwar Nasir, S.I.K., M.H. Beliau adalah putra Sulawesi. Pendidikan jenjang SD, SMP, hingga SMA telah diselesaikan pula di sana.

Kombes. Pol. Muh. Anwar Nasir, S.I.K., M.H. telah  menyampaikan beberapa informasi dan motivasi ke hadapan peserta dalam amanat beliau sebagai pembina upacara. Informasi yang beliau sampaikan tentang jumlah angka kecelakaan disebabkan oleh pengguna sepeda motor, pengguna motor dari pelajar SMP yang terkena tilang, dan kondisi memprihatinkan dari peredaran narkoba di sidoarjo. Satu motivasi penting yang Kapolresta Sidoarjo sampaikan yaitu setiap kesuksesan pasti diawali oleh kerja keras.  Kesuksesan hanya dapat diraih oleh orang-orang yang tekun, ulet, dan selalu dekat dengan Pencipta.

Sebelum mengakhiri amanat pembina upacara, Kapolresta Sidoarjo sempat memberikan apresiasi kepada beberapa siswa. Sekelompok siswa yang telah berprestasi di bidang debat sempat diminta ke depan untuk menerima apresiasi dari beliau berupa sejumlah uang tunai. Selain itu, Kombes. Pol. Muh. Anwar Nasir, S.I.K., M.H. pun sempat memberikan kuis mengenai jumlah butir-butir Pancasila kepada siswa. Seorang siswa berhasil menjawabnya dengan tepat dan mendapat apresiasi pula dari beliau.

Seluruh warga SMA Negeri 1 Sidoarjo menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kapolresta Sidoarjo atas kunjungan dan kesediaan menjadi pembina upacara. Semoga Kepolisian Republik Indonesia selalu menjadi pengayom dan pelindung masyarakat. Amin.

Leave a Reply