Pemilihan Ketua Osis Sman 1 sidoarjo Serasa Pilpres

OSIS merupakan organisasi siswa yang memiliki tanggung jawab besar bagi sekolah oleh karena itu, seorang ketua OSIS harus benar-benar kompeten untuk mengatur organisasi untuk dapat mewujudkan visi-misi sekolah. Osis sebgai organisasi sekolah merupakan miniatur suatu pemerintahan maka sebagai pembelajaran demokrasi proses pemilihan ketua osis dikemas layaknya pemilihan kepala daerah atau pemilihan Presiden di indonesia.

Pemilihan Ketua osis di awali oleh pendaftaran calon ketua osis dilanjutkan tes tulis dan fit and proper test oleh MPK, Dewan Guru dan Pembina osis. kemudian penetapan calon ketua osis sekaligus pengundian nomor calon. Dari hasil seleksi terjaring 3 nama calon ketua osis periode 2016/2017 yaitu Mahasallya Shafa hidayatillah , Martha Nur Muhammad dan Firdaus Nur Rahmad.

Tahap selanjutnya adalah kampanye dari masing-masing kandidat selama 1 6 hari namun panitia pemilu menyediakan waktu kampanye dihadapan warga sekolah pada saat upacara hari senin.

Setelah waktu kampanye usai tiba waktunya untuk pemilihan dengan cara mencoblos, peralatan yang di gunakanpun merupakan peralatan yang di pinjam dari KPUD Sidoarjo. seperti Kotak suara, bilik suara, tinta, alat pencoblos dan alas pencoblos.sehingga pemilihan ketua osis di sma negeri 1 sidoarjo layaknya seperti pemilihan kepala daerah atau pemilihan presiden.

KPUD kabupaten sidoarjo mensuport dan mengapresiasi pemilihan ketua osis di sma negeri 1 sidoarjo sebagai pembelajaran demokrasi. pada saat pencoblosan hadir anggota KPUD sidoarjo Abdillah adhi,SE untuk melihat langsung proses pemilihan yang diselenggarakan di sma negeri 1 sidoarjo. pemilihan Ketua Osis disini luar biasa sudah sama persis dengan pemilu yang diselenggarakan KPU apa lagi kartu suaranya, bagus sekali, menurut adhi yang juga pernah belajar di smanisda.

Pencoblosan di tutup pukul 13.00 wib, setelah itu baru dilakukan perhitungan suara, dari perhitungan suara dapat diperoleh rekapitulasi sebagai berikut :

NO URUT

CALON

JUMLAH SUARA

TOTAL
TPS 1 TPS 2 TPS 3
1 Mahasallya Shafa H

80

61

71

212

2 Martha Nur Muhammad

225

132

74

431

3 Firdaus Nur Rahmad

62

39

31

132

JUMLAH SUARA TIDAK SAH

73

150

105

328

JUMLAH SUARA

440

382

281

TOTAL JUMLAH SUARA 1.103

dari hasil perhitungan suara diatas makan suara terbanyak diraih oleh Martha Nur Muhammad kelas XI MIPA 7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *