SNMPTN : UB Tidak menerima Lintas Minat

Setelah melaksanakan kunjungan/Study Kampus ke ITS dan Unair, Sabtu,29 Oktober 2016 peseta didik kelas XII Program IPA dan IPS SMAN 1 Sdoarjo melanjutkan study kampus ke UB ( Universitas Brawijaya) Malang.

Berangkat dari halaman sekolah pukul 05.30 Wib peserta didik didampingi oleh wali kelas/Pembimbing akademik masing-masing serta para guru BK.  Diharapkan nanti tidak terlambat  masuk kampus UB. Dengan memakai seragam abu-abu putih para siswa nampak semangat mengikuti kegiatan ini.

Di ruang SAMANTA KRIDA Universitas Brawijaya rombongan dari SMAN 1 Sidoarjo diterima oleh fihak panitia/pimpinan UB. Ada 4(empat)  Sekolah diterima di ruang tersebut pada saat bersamaan,yaitu SMAN 1 Sidoarjo,SMA Hang tuah 2 Sidoarjo,SMA WAchid HAsyim Surabaya,dan SMAN 5 Balikpapan.

Sebelum mempresentasikan, fihak UB memberi kesempatan pada masing-masing sekolah untuk menyampaikan sepata dua kata tentang maksud dan tujuan kunjunngannya.

Ada tayangan profil UB dan strategis masuk untuk diterima di UB. Secara umum , ada 3 jalur ditempuh untuk diterima di UB , yaitu SNMPTN, SMBTN, dan jalur Mandiri/Kemitraan. Adapun prosentasenya adalah 40% SNMPTN, 30% SMBTN, dan 30% jalur Mandiri. Sebelum mendaftar lewat jalur SNMPTN diharapkan para peserta didik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan BK agar tidak salah pilih dan tepat serta mempunyai peluang besar untuk diterima.

Ketika ada pertanyaan dari seorang siswa dengan tegas dijawab bahwa UB tidak akan merima mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN yang tidak mempunyai program yang sama, artinya jurusan IPA hanya diterima pada progam IPA saja ,Jurusan IPS hanya diterima pada program IPS saja.Jadi tidak ada Jurusan IPA yang akan diterima di program IPS ,demikain sebaliknya. Atau tidak menerima lintas minat.

Semoga  mendapat pemahaman yang jelas dan benar …Semoga berhasil…Aamiinn

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *