KPU : Tolak money politik

Dalam rangka untuk menyadarkan pemilih pemula menggunakan hak pilih KPU Kabupaten Sidoarjo melakukan road shows pada sekolah-sekolah di Kabupaten Sidoarjo. Yaitu,melakukan pendidikan bagi pemilih pemula.

SMA Negeri 1 Sidoarjo mendapat kesempatan pada hari senin, 16 Januari 2017. Sedianya pendidikan pemilih pemula oleh KPU dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan upacara bendera yang biasanya dilaksananakan secara rutin . Namun, Cuaca mendung dan gerimis kegiatan tersebut dialihkan ke Aula dan diikuti oleh pesera didik kelas XII saja.

H Mohammad Zainal Abidin kepala KPU Kabupaten Sidoarjo datang sendiri ke sekolah. Ada kecendrungan ,bahwa banyak pemilih yang tidak menggunakan hak pilih atau golput (golongan putih).  Menurut dia,banyak faktor kenapa demikian alias golput, diantaranya tidak ada pilihan yang sesuai dengan harapannya, para calon tidak menarik atau tidak menjanjikan, kinerja para dewan atau pemimpin yang mengecewakan,dan lain-lain.

Diharapakan para pemilih pemula dalam menggunakn hak pilihnya secra cerdas. Artinya, sebelum memilih diusahakan mengenal betul calon yang akan dipilih. Bagaimana latar belakang pendidikannya? Bagaimana karakter atau aklaknya? dan lain-lain.

Bila ada calon yang mengiming-imingi dengan uang atau memberi uang harus ditolak dengan halus. Bila tetap dipaksa maka jangan dipilih saat ada di bilik suara selama 2 menit atau sekian menit. Artinya, ambil uangnya dan jangan pilih orangnya.

Jadilah pemilih yang cerdas…

Pilihan anda menentukan arah dan kemajuan 5 tahun yang datang…dan masa depan…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *